Amankan PON Aceh-Sumut, 4.000 Lebih Personel Gabungan Dikerahkan

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 12.58 WIB

Bagikan:
Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana. (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Sebanyak 4.000 lebih personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut.


"Pengamanan ini dengan tujuan untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan, kenyamanan penyelenggaraan dan kesan yang baik yang akan didapatkan masyarakat" kata Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana kepada wartawan, Sabtu (24/8/2024).


Kata dia, Polda Sumut ditunjuk sebagai bagian pengamanan atau yang diberikan amanah untuk melakukan secara keseluruhan kegiatan penyelenggaraan PON tahun ini.


Tidak hanya itu, lanjut Rony, para peserta dan pengunjung yang ikut ataupun menyaksikan keseluruhan rangkaian penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 ini dipastikan aman dan nyaman.


Dalam pengamanan ini Polda Sumut menerjunkan 4.970 personel gabungan dari berbagai instansi mulai TNI dan pemerintah daerah.


"Kami di backup full teman-teman dari TNI, dari pemda yang berkaitan langsung dengan kegiatan pengamanan ini," kata Rony.


Dia mengungkapkan, pengamanan kali ini Polda Sumut mengamankan 34 cabang olah raga (Cabor) yang akan bertanding pada PON nanti. 


Dari 34 cabang olahraga ini ada beberapa yang akan berlangsung di 10 kabupaten di Sumatera Utara. "Sementara untuk wilayah pengamanan kepolisian ada 11 wilayah," terang Rony.


Dia menegaskan, secara umum pihaknya siap mengamankan semua kegiatan ini karena memang tugas pokok kepolisian. (04)


KOMENTAR