Baharuddin Siagian Berhasil "Prank" Pj Gubsu

Senin, 02 September 2024 | 14.32 WIB

Bagikan:
Baharuddin Siagian bersama Syafrizal saat mendaftar di KPU Batu Bara sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara. (foto : mimbar/mar)

MEDAN, (MIMBAR) - Baharuddin Siagian berhasil " Prank" (mengelabui) Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni dengan mengatakan tidak ikut mencalonkan Kepala Daerah.

Namun dalam perkembangan terkini, Baharuddin Siagian diketahui telah mendaftar secara resmi ke KPU Batu Bara berpasangan dengan Syafrizal untuk menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara. 

Pasangan berakronim "Bahagia Saza" tersebut telah mendapat dukungan dari 9 Parpol pada kontestasi kali ini. Antara lain Gerindra, Golkar, PPP, PKB, PKS, PAN, PBB, Demokrat dan Perindo.

Kemungkinan besar belum mengundurkan diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), dan sampai saat ini masih menjabat Kadispora Sumut dan Ketua Harian PON XII 2024 Aceh-Sumut.

Padahal sebelumnya dalam silaturahmi bersama insan pers pada 2 Agustus 2024, Pj Gubsu, Agus Fatoni dengan sangat percaya diri mengaku bahwa kabar pencalonan Baharuddin Siagian calon Bupati Batu Bara cuma sekadar cek ombak.

Pj Gubsu berkali-kali menanyakan apakah mencalonkan sebagai Kepala Daerah, Baharuddin Siagian menjawab tidak akan maju dalam pencalonan saat ditanya secara langsung olehnya.

"Sepertinya tidak mencalon. Kalaupun mendaftar ke partai politik belum tentu juga dicalonkan. Saya tanya berkali-kali, katanya tidak. Mungkin cek ombak aja itu," ucapnya.

Akan tetapi Fatoni menegaskan, siap memberhentikan Baharuddin Siagian dari jabatan Ketua Harian PON XXI Wilayah Sumut dan Kadispora Sumut, jika yang bersangkutan nantinya telah ditetapkan sebagai calon oleh KPU. Fatoni bahkan optimis, tanpa kehadiran Baharuddin Siagian, perhelatan PON di Sumut akan berjalan dengan baik dan sukses.

"Kita bekerja sistem, kita bekerja tim. Jika beliau (Baharuddin Siagian) mencalon, kita berhentikan dari Ketua Harian dan Kadispora. Tentu harus digantikan," ucapnya.

Dijelaskan Agus Fatoni, bahwa semenjak dirinya diberi amanah sebagai Pj Gubsu oleh pemerintah pusat, langsung merombak susunan PB PON Wilayah Sumut.

"Begitu saya masuk, saya langsung ubah susunan kepanitiaan. Apa yang saya ubah, kita masukkan unsur di dalam seperti saya Ketua Umum, Wakil Ketua Umum Pangdam, Kapolda, Kajati dan Sekda. Unsur-unsur di dalamnya ada TNI/Polri, Jaksa dan pemerintah daerah dan unsur masyarakat," terang Fatoni. (01)


KOMENTAR