Jabar Ukir Hattrick Juara Umum Pencak Silat PON

Sabtu, 14 September 2024 | 17.48 WIB

Bagikan:
Kontingen Jawa Barat sah menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) pencak silat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang resmi berakhir Jumat (13/9/2024). (foto : mimbar/pb pon)

MEDAN, (MIMBAR) - Kontingen Jawa Barat (Jabar) sah menjadi juara umum cabang olahraga (cabor) pencak silat Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang resmi berakhir Jumat (13/9/2024). 


Selama lima hari penyelenggaraan mulai dari 9 September di GOR Veteran Disporasu, Medan, kontingen Jabar menjadi yang terbaik dengan total koleksi 13 medali, dengan rincian 5 emas, 5 perak, dan 3 perunggu.


Manajer tim pencak silat PON Jabar, Wahyudi tak bisa membendung rasa haru dan sukacitanya karena timnya keluar sebagai juara umum di cabor asli milik Indonesia ini.


Bahkan lebih spesial lagi, dengan juara umum di PON 2024 ini membuat Jabar mengukir prestasi sensasional yakni mencatat hat-trick alias tiga kali beruntun menjadi juara umum. Dua edisi sebelumnya, PON 2016 Jabar dan PON 2021 Papua, mereka juga menjadi juara umum.


"Dengan raihan di sini (juara umum pencak silat PON 2024), Jabar menyempurnakan menjadi tiga kali berturut-turut juara umum alias hat-trick," ujar Wahyudi.


Lebih lanjut Wahyudi mengatakan, pihaknya tetap akan melakukan evaluasi secara menyeluruh kendati kembali menjadi juara umum. Sebab pihaknya meloloskan 13 wakil ke semifinal dan 10 wakil di partai final.


"Pastinya kami dari IPSI Jabar tetap akan melakukan evaluasi untuk menyongsong event-event yang akan datang," tegas Wahyudi.


Adapun kelima emas Jabar diraih dari dua kategori seni (artistik) lewat kelas Ganda Putri dan Beregu Putra, serta tiga dari kategori tarung lewat kelas C Putra, I Putra, dan G Putra.


Kemudian lima perak diraih Ganda Putra, Beregu Putri, dan Tunggal Putri (artistik) serta kelas B Putra dan F Putri (tarung). Sementara tiga perunggu diraih semua dari kategori tarung di kelas D Putra, B Putri, dan E Putri. (01)


KOMENTAR