UMSU Lepas 12 Tim PIMNAS Surabaya dan KMI Expo Kendari 2024

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14.39 WIB

Bagikan:
Pelepasan mahasiswa UMSU mengikuti ajang PIMNAS ke-37 di Universitas Airlangga, Surabaya, dan KMI Expo ke-15 di Universitas Halu Oleo, Kendari. (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) secara resmi melepas kontingen 6 tim di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 di Universitas Airlangga, Surabaya, dan 6 tim di ajang KMI Expo ke-15 di Universitas Halu Oleo, Kendari. 


Pelepasan oleh Rektor, Prof Dr Agussani, MAP berlangsung pada Senin (7/10/2024) di Kampus UMSU Jalan Muchtar Basri No. 3, Medan. 


Turut mendampingi Wakil Rektor III, Dr Rudianto, dan Kabimawa, Dr Radiman. Turut hadir Ketua SRCC, Fatimah Sari Siregar M.Hum, Ketua Puskibi, Dra Dewi Andriany MSi serta para dosen pendamping masing-masing tim, Wakil Dekan 3 se-UMSU.


Rektor UMSU, Prof Agussani dalam sambutannya menyampaikan harapan besar kepada para mahasiswa yang akan bertanding. 


"Kita berharap pelepasan ini memperkuat semangat kita untuk membawa nama baik Sumatera Utara, Muhammadiyah, dan UMSU. Karya yang akan dipresentasikan di ajang PIMNAS dan KMI Expo," ujar Rektor UMSU.


Dia menambahkan, hanya sedikit perguruan tinggi yang memberikan perhatian serius pada ajang seperti ini. 


"UMSU termasuk perguruan tinggi yang aktif dalam mengasah kreativitas mahasiswa. Saya yakin, UMSU tidak hanya bercerita, tetapi juga mampu membuktikan bahwa kita unggul, cerdas, dan terpercaya melalui inovasi serta kreativitas," katanya. 


Dia juga menegaskan, prestasi yang diraih mahasiswa tidak hanya tentang medali, tetapi juga tentang bagaimana mahasiswa UMSU bisa membawa nama baik universitas di kancah nasional.


Rektor UMSU juga menegaskan komitmennya untuk terus mendorong mahasiswa agar berprestasi di ajang nasional dan internasional. 


"Kami terus memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi di PIMNAS dan KMI Expo dengan memberikan reward bebas skripsi. Ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus mendukung kreativitas dan penelitian mahasiswa," jelasnya.


Prof Agussani juga yakin bahwa UMSU siap bertarung di kancah nasional dan internasional. 


"Ini adalah tantangan besar, tetapi kita harus percaya diri untuk menghadapi tim dari berbagai universitas. UMSU saat ini tidak hanya berbicara di tingkat nasional, tetapi juga internasional," tutupnya.


Sementara, berdasarkan laporan dari Ketua SRCC UMSU Fatimah Sari Siregar, S.Pd., M.Hum diwakili Sekretaris SRCC UMSU, Linzzy Pratami Putri, M.M menjelaskan, tahun ini UMSU mendapatkan 20 tim yang berhasil didanai dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan UMSU berada di klaster pertama dengan passing grade yang lebih tinggi. 


"Dari 20 tim, 6 tim berhasil lolos ke PIMNAS, di mana perwakilan berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian dengan 4 tim, dan FKIP," ujarnya. 


Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan universitas yang terus mendukung mahasiswa dalam berkompetisi. 


"Kami telah melakukan berbagai pelatihan dan persiapan. Mohon doa agar kami bisa membawa hasil yang terbaik," katanya.


Selanjutnya, Ketua PUSKIIBI UMSU Assoc Prof Dewi Andriany, SE, MM melaporkan, dalam ajang KMI Expo, UMSU meraih prestasi membanggakan dengan menjadi kampus peraih pendanaan terbanyak di tingkat nasional. 


"Dari 20 proposal yang diajukan, 16 proposal didanai, dan 6 tim lolos untuk berpartisipasi dalam KMI Expo. Semua tim ini berkolaborasi lintas fakultas dan telah dibimbing untuk mempersiapkan diri," jelasnya. 


Disampaikannya, tim KMI Expo akan berangkat pada 21 Oktober 2025 bersama dosen pendamping.


Sebelumnya, perwakilan dari tim PIMNAS ke-37, Rezi Widyan, yang merupakan Ketua Tim dari Fakultas Pertanian dengan skim PKM Kewirausahaan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pimpinan universitas. 


"Selamat kepada seluruh tim calon peraih medali emas di PIMNAS ke-37. Terima kasih kepada Bapak Rektor dan Wakil Rektor atas dukungannya. Semua impian kita bisa terwujud jika kita berani mengejarnya. Mari kita tunjukkan tekad untuk membawa pulang medali emas," tegas Rezi dengan penuh semangat.


Terakhir, perwakilan dari tim KMI Expo, Jarot Ponco Anggoro, juga mengungkapkan rasa syukur atas dukungan universitas. "Alhamdulillah, UMSU menjadi kampus dengan tim terbanyak di KMI Expo 2024. Mohon doanya agar kami bisa meraih juara. UMSU dikenal di kalangan mahasiswa universitas lain sebagai kampus yang unggul dalam bidang kewirausahaan," ujarnya. (04)


KOMENTAR
 
PT. Penerbitan Media Mimbar